Kamis, 10 September 2015

Info : Makanan Olahan dari Singkong

Hari ini Rahma banyak-banyak posting, soalnya biar visitor makin banyak! hehehe, cekidot aja yuk!
Credits : Girls
Singkong atau ketela pohon termasuk salah satu bahan pangan pengganti beras. Maklum, singkong juga mengandung karbohidrat seperti nasi. Nah, agar enak dan lezat, singkong perlu diolah menjadi berbagai makanan. Inilah beberapa makanan olahan dari singkong.

A. Lemet 
 
          Untuk membuat kue tradisional ini, singkong dikupas dan diparut halus, lalu diberi garam secukupnya. Adonan singkong itu kita bentuk dan di dalamnya diisi butiran gula merah. Setelah itu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga masak. Hmm…ketika lemet ini kita gigit, lelehan gula merah akan terasa dilidah kita, nyuss…manis dan enak.

B. Gethuk

          Makanan olahan dari singkong  ini banyak kita jumpai di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk membuat gethuk, singkong dikupas, dipotong, dan direbus serta diberi taburan garam. Setelah matang kemudian digiling hingga lembut dan dibentuk.
Biasanya gethuk disajikan hangat dengan taburan parutan kelapa. Bila suka rasa manis bisa ditambahkan gula merah pada saat menumbuk. Gethuk juga bisa disajikan dengan cara digoreng.
          Oh ya, ada beberapa variasi gethuk. Salah satunya adalah gethuk lindri. Gethuk ini bentuknya gumpalan bergaris seperti mie.

C. Combro 
 
          Kudapan atau camilan khas Jawa Barat ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk menjadi bulat, lalu di dalamnya diisi sambal oncom dan digoreng. Nama combro sendiri berasal dari kata dalam bahasa Sunda, oncom di jero  (oncom di dalam). Makanan olahan dari singkong  ini lebih enak bila disajikan dalam keadaan hangat.

Yang paling kusuka sih, Gethuk! rasanya enak, yummy! =)


1 komentar: