Kamis, 10 September 2015

Tips : Cepat Menyerap Materi Pelajaran

Rahma bawakan tips lagi!!! yuk read more!
Credits : girls
 Cepat Menyerap Materi Pelajaran
Ingin mendapatkan nilai ulangan yang bagus? Hmm… Salah satu caranya, kita mesti mampu dengan cepat menyerap materi pelajaran . Nah, yuk kita simak beberapa tips di bawah ini!

1. Kenali Gaya Belajar
 
          Secara umum, gaya belajar bisa dibedakan menjadi tiga tipe. Yaitu, visual (dengan cara melihat), auditori (dengan cara mendengar), dan kinestesik (dengan cara bergerak). Agar cepat menyerap materi pelajaran , coba kenali gaya belajar kita termasuk yang mana. Lalu, kita terapkan gaya belajar tersebut.

          Misalnya bagi kita yang visual, kita bisa belajar dengan menggunakan alat peraga, menandai poin-poin penting pada buku pelajaran dengan aneka warna, atau membuat gambar maupun diagram untuk meringkas materi pelajaran yang kita baca. Bagi kita yang auditori, kita bisa belajar dengan merekam materi pelajaran lalu didengarkan kembali, belajar dengan ditemani musik, atau membaca materi pelajaran sambil mengeluarkan suara atau bergumam. Sedangkan bagi kita yang kinestesik, kita bisa belajar dengan langsung mempraktekkan apa yang kita pelajari atau membaca materi sambil menggerakkan tangan.

2. Fokus Terhadap Materi
 
          Tips selanjutnya adalah kita fokus terhadap materi pelajaran. Untuk bisa fokus, hilangkan segala pikiran selain materi pelajaran, termasuk persoalan pribadi. Cobalah kita pelajari materi yang menurut kita sulit. Jika belum bisa memahaminya, coba dan coba lagi sampai bisa. Ciptakan suasana belajar yang mendukung. Misalnya, jauhi gadget  untuk sementara waktu agar kita fokus dan bisa dengan cepat menyerap materi pelajaran .

3. Perhatikan Kondisi Fisik
 
          Perhatikan juga kondisi fisik kita agar bisa cepat menyerap materi pelajaran . Jika kita merasa lapar contohnya, segeralah makan sebelum belajar. Hindari memaksakan diri belajar saat perut dalam keadaan kosong. Otak kita akan sulit menyerap materi pelajaran saat kita berada dalam kondisi tersebut. Jika kita merasa lelah, segeralah beristirahat. Hmm… apa yang kita pelajari akan langsung bisa terserap jika kondisi kita fit  dan segar.

Sekarang kita bisa menerapkannya, deh! sampai jumpa di tips berikutnya!

3 komentar:

  1. hua!!! pikiranku selalu ada di dunia chat & blog!!!!

    BalasHapus
  2. Hmm....., cara biar home sebelum blog itu ada tulisan "penasaran, kan? Klik yuuukk!!!!!!" itu gimana, ya!!!! Kamubisa buat entri tentang itu deehh...hehehe....maklum, masih pemula....

    BalasHapus